[Berita CPNS 2014 Terbaru] Pengumuman Dan Rincian Formasi CPNS Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2014

RINCIAN FORMASI ASN DAERAH DARI PELAMAR UMUM
PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
TAHUN ANGGARAN 2014

NO.
NAMA
JABATAN
KUALIFIKASI
PENDIDIKAN
GOL./RUANG
JUMLAH
ALOKASI
RENCANA PENEMPATAN
(1)(2)(3)(4)(5)(6)
   Jumlah 66 
ITENAGA GURU  9 
 A. Guru SMK (Mata Pelajaran)  7 
1Guru Matematika PertamaS-1 Pendidikan MatematikaIII/a21. SMK Negeri 1 Manggeng
     2. SMK Negeri 2 Babahrot
2Guru Bahasa Inggris PertamaS-1 Pendidikan BahasaInggrisIII/a21. SMK Negeri Lembah Sabil
     2. SMK Negeri 1 Manggeng
3Guru Bahasa Indonesia PertamaS-1 Pendidikan Bahasa IndonesiaIII/a21. SMK Negeri 1 Manggeng
     2. SMK Negeri 1 Blangpidie
4Guru Bimbingan Konseling PertamaS-1 Pendidikan Bimbingan KonselingIII/a11. SMK Negeri 1 Manggeng
 B. Guru SMK (Produktif)  2 
1Guru Tata Boga PertamaS-1 Pendidikan Tata BogaIII/a11. SMK Negeri 2 Blangpidie
2Guru Akomodasi Perhotelan PertamaS-1 Pendidikan PerhotelanIII/a11. SMK Negeri 2 Blangpidie
IITENAGA KESEHATAN  23 
1Apoteker PertamaApotekerIII/b1Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
2Asisten Apoteker PelaksanaD-III FarmasiII/c1Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
3Bidan PertamaS-1/D-IV KebidananIII/a1Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
 Bidan PelaksanaD-III KebidananII/c1 
4Dokter PertamaDokter umumIII/b3Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
5Dokter Gigi PertamaDokter GigiIII/b2Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
6Perawat PertamaS-1 Keperawatan + Ners /D.IV KeperawatanIII/a3Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
 Perawat PelaksanaD-III KeperawatanII/c2 
7Fisioterapis PelaksanaD-III FisioterafiII/c2Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
8Sanitarian PelaksanaD-III Kesehatan LingkunganII/c1Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
9Radiografer PelaksanaD-III Radiologi/RoentgenII/c2Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
10Teknisi Transfusi Darah PelaksanaD-III Transfusi DarahII/c2Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
11Refraksionis Optisien PelaksanaD-III RO (Refraksi Optisi)II/c1Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
12Teknik Elekromedis PelaksanaD-III Teknik ElektromedikII/c1Rumah Sakit Umum Teungku Peukan
IIITENAGA TEKNIS LAINNYA  34 
1Analis HukumS-1 Ilmu HukumIII/a1Bagian Hukum Setdakab
2Perancang Peraturan Perundang-Undangan PertamaS-1 Ilmu HukumIII/a1Bagian Hukum Setdakab
3Pemeriksa pajak PelaksanaD-III PerpajakanII/c1Dinas Pendapatan Daerah
4Auditor PertamaS-1 Ekonomi AkuntansiIII/a4Inspkektorat
5Perencana PertamaS-1 Ekonomi PembangunanIII/a1Bappeda
6Pranata Komputer PertamaS-1 Komputer Aplikasi /S-1 Komputer Teknik InformatikaIII/a1BKPP
  S-1 Teknik Komputer/Manajemen KomputerIII/a1Bagian Umum Setdakab
  S-1 Teknik Komputer/Manajemen KomputerIII/a1Dinas Pendidikan
7Penyuluh Perikanan PertamaS-1 PerikananIII/a2BP4K
8Penyuluh Kehutanan PertamaS-1 KehutananIII/a1BP4K
9Penyuluh Pertanian PertamaS-1 AgronomiIII/a1BP4K
10Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman PertamaS-1 AgronomiIII/a2Dinas Pertanian dan Peternakan
11Inspektur Tambang PertamaS-1 Teknik PertambanganIII/a1Dinas Pertambangan dan Energi
12Analis KetenagalistrikanS-1 Teknik ElektroIII/a1Dinas Pertambangan dan Energi
13Penyuluh Agama PertamaS-1 Perbandingan Mashab dan Hukum SyariahIII/a1Dinas Syariat Islam
  S-1 Dakwah IslamIII/a1Kantor Satpol PP dan WH
  S-2 UsuluddinIII/b1Dinas Syariat Islam
14Analis Lingkungan HidupS-1 Teknik LingkunganIII/a1BLHKP
15Analis KimiaS-1 Teknik KimiaIII/a1BLHKP
16Analis PertambanganS-1 Teknik GeologiIII/a1Dinas Pertambangan dan Energi
17Analis Jaringan JalanS-1 Teknik PlanologiIII/a1Dinas Pekerjaan Umum
19Analisis Pasar hasil PerikananD-III PerikananII/c2Dinas Kelautan dan Perikanan
18Analis Pajak/Retribusi DaerahS-1 PerpajakanIII/a2Dinas Pendapatan Daerah
20Analis Data dan InformasiS-1 Ilmu KomputerIII/a2Bappeda
21Analisis Budidaya PerikananS-1 PerikananIII/a2Dinas Kelautan dan Perikanan


A. FORMASI JABATAN, KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN LOKASI PENEMPATAN YANG DIBUTUHKAN :
  Formasi Jabatan, Kualifikasi Pendidikan dan Lokasi Penempatan yang di butuhkan terlampir.
   
B. PERSYARATAN PELAMAR
  1. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) atau Akta Kelahiran   Kabupaten Aceh Barat Daya;
  2. Pria dan Wanita dengan usia minimal 18 tahun pada tanggal 01 Januari 2014 (lahir sebelum tanggal 01 Januari 1996) dan maksimal 35 tahun pada tanggal 01 Januari 2014 (lahir sesudah tanggal 01 Januari 1979);
  3. Berijazah, lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta   yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) minimal C atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan Nasional (Surat Keterangan Lulus/Ijazah Sementara tidak berlaku);
  4. Indek Prestasi Komulatif (IPK) minimal 2,5 (dua koma lima) untuk jurusan eksakta dan 2,75 (dua koma tujuh lima) untuk jurusan non eksakta;
  5. Sehat Jasmani dan Rohani dengan surat Keterangan Dokter Pemerintah;
  6. Tidak terikat hubungan kerja/ikatan dinas dengan Instansi Pemerintah atau Badan Swasta lainnya;
  7. Tidak terlibat langsung atau tidak langsung dalam kegiatan organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah (PUNP);
  8. Tidak pernah tersangkut perkara pidana dan kasus narkoba;
  9. Surat Tanda Register (STR) bagi Dokter Umum dan Dokter Gigi Serta Surat Keterangan Profesi bagi Apoteker;
  10. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta;
  11. Calon Pelamar di seluruh Indonesia dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website panselnas di : https://penselnas.menpan.go.id untuk mendapatkan username dan password yang kemudian digunakan untuk log in ke SSCN di http://sscn.bkn.go.id;
  12.  Setelah mengisi form registrasi melalui website pada SSCN maka pelamar dapat mencetak tanda bukti pendaftaran.
  13. Pendaftaran secara online dimulai pada tanggal 10 September s/d 24 September 2014;
  14. Verifikasi berkas lamaran lengkap di mulai pada tanggal 15 September s/d 27 September 2014.
  15. Memenuhi persyaratan kualifikasi (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan Rincian Formasi yang telah ditetapkan oleh Menpan dan RB;
  16. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah kerja Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya;
  17. Setiap lamaran harus ditulis   dengan tangan sendiri menggunakan tinta hitam dan ditanda tangani sendiri oleh pelamar dengan   bermaterai Rp. 6.000,- ditujukan kepada Bupati Aceh Barat Daya (contoh terlampir) dengan melampirkan :
  • Foto copy Ijazah yang telah dilegalisir dan ditanda tangani oleh pejabat yang berwenang yaitu pejabat yang berwenang (Bila dalam ijazah tidak dicantumkan akreditasi program studi, agar melampirkan surat ketetapan akreditasi program dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT);
  • Foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir dan ditanda tangani oleh pejabat yang berwenang;
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Pemerintah sesuai dengan tempat tinggal peserta;
  • Pas photo latar biru ukuran 4 X 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar
  • Foto copy tanda bukti pendaftaran CPNS tahun 2014 yang dicetak dari web http://sscn.bkn.go.id;
  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) atau Akta Kelahiran.
18. Berkas lamaran disusun sesuai dengan urutan di atas dan dimasukkan dalam stofmap folio dengan menuliskan nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, formasi yang di lamar, alamat dan nomor handphone dengan ketentuan :
  - Pelamar Formasi Tenaga Guru : Stofmap folio warna Biru
  - Pelamar Formasi Tenaga Kesehatan : Stofmap folio warna kuning
  - Pelamar Formasi Tenaga Teknis lainnya : Stofmap folio warna merah
   
C. TATA CARA PENDAFTARAN

Pendaftaran online
  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional 2014 pada website https://penselnas.menpan.go.id dan http://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 10 September s/d 24 September 2014, dengan cara :
  • a. Masuk ke Portal Panselnas di https://penselnas.menpan.go.id untuk melakukan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, instansi yang dipilih dan email;
  • b. Log in ke http://sscn.bkn.go.id dengan mengisi username & password yang sudah dikirim via email dengan cara :
   - Klik DAFTAR untuk mengisi formulir pendaftaran.
   - Isi formulir registrasi yang muncul.
   - Pastikan isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP.
   - Pastikan isian jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan.
   - Klik chek box mengenai kebenaran data yang telah dimasukkan.
   - Masukkan kode captcha yang tertera.
   - Klik tombol Daftar untuk memproses pendaftaran dan mendapatkan nomor registrasi.
  - Cetak tanda bukti pendaftaran.
   
2. Pengiriman Berkas Lamaran
a. Berkas kelengkapan pendaftaran dimasukkan dalam stopmap dengan mencantumkan :
  - Nama Pelamar;
  - Nama Jabatan yang dilamar;
  - Alamat tempat tinggal pelamar:
  - No Handphone pelamar.
b. Berkas kelengkapan pendaftaran diantar langsung oleh Pelamar yang bersangkutan kepada Panitia Pelaksana Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan C/q Bidang Pembinaan dan Pengembangan di Jalan Kompek Perkantoran Pemkab Aceh Barat Daya Gampong Keude Paya Kec. Blangpidie mulai tanggal 12 s/d 25 September 2014 jam dinas.
c. Semua berkas kelengkapan pendaftaran yang telah diserahkan ke panitia tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
   
D. SELEKSI DAN PELAKSANAAN TES
1. Seleksi  
  Tahap seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2014 terdiri atas 2 (dua) tahap yaitu :
  - Seleksi kelengkapan Administrasi.
  - Tes Kompetensi Dasar melalui Sitem Computer Assited Test (CAT).
2. Tempat Pengambilan Kartu Peserta
  Kartu Tanda Peserta Ujian akan dapat diambil pada tanggal 29 s/d 30 September 2014 (jam dinas) di BKPP Kab. Aceh Barat Daya Jalan Komplek Perkantoran Pemkab Aceh Barat Daya Gampong Keude Paya Kecamatan Blangpidie, setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan menunjukkan tanda bukti pendaftaran.
3. Tempat Pelaksanaan Ujian
  Tempat pelaksanaan ujian di Kabupaten Aceh Barat Daya di laksanakan di SMK Negeri 1 Blangpidie.
4. Waktu Pelaksanaan Ujian
       Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) ditentukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Panitia Pelaksana Seleksi Nasional Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2014 yang akan diinformasikan selanjutnya.
   
E. LAIN-LAIN  
 1. Pelaksanaan Test Pelamar Umum Tahun 2014 tidak dipungut biaya apapun mulai pendaftaran online, verifikasi berkas bahan lamaran, pelaksanaan ujian hingga pengumuman kelulusan.
 2. Bagi pelamar yang memberikan keterangan tidak benar/palsu pada saat pendaftaran pemberkasan maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya berhak membatalkan kelulusan serta memberhentikan status sebagai CPNS/PNS.
 3. Keputusan Panitia Pelaksana Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun Anggaran 2014 bersifat MUTLAK dan tidak dapat diganggu gugat.

Penting !!  

-  Memutuskan untuk memilih formasi ini berarti tidak bisa memilih formasi lainnya.

-  Apabila sudah memahami dan menyetujui pilihan ini, silahkan melanjutkan ke Formulir Registrasi

Contoh surat lamaran

                                                            Blangpidie,       September 2014
                                                            Kepada Yth :
                                                             Bapak Bupati Aceh Barat Daya
                                                              di -
                                                               Blangpidie.


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
           Nama                              :
Tempat Tanggal lahir     :
Jenis Kelamin                  :
Agama                            :
Pendidikan                     :
Jurusan                           :
Formasi yang dilamar     :
Alamat                            :
No. Hp                            :
Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak untuk dapat diangkat menjadi Calon Negeri Sipil (CPNS) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2014.
Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama ini turut saya lampirkan kelengkapan Administrasi dalam rangkap 1 (satu) sebagai berikut :
        1. Foto copy Ijazah yang telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang.
        2. Foto copy Transkrip Nilai yang telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang.
        3. Pasphoto warna latar belakang biru berukuran 4x6 cm sebanyak 3 () lembar.
        4. Foto copy tanda bukti pendaftaran CPNS Tahun 2014 yang telah dicetak dari Website http://sscn.bkn.go.id;
        5. Surat keterangan berbadan sehat dari Dokter Pemerintah.
        6. Foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk).
         Demikianlah Permohonan ini saya perbuat, atas perhatian dan pertimbangan Bapak saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya
Pemohon,
Meterai 6000
(........................................)