RINCIAN FORMASI ASN DAERAH DARI PELAMAR UMUM
PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
TAHUN ANGGARAN 2014
NO. |
NAMA
JABATAN
|
KUALIFIKASI
PENDIDIKAN
| GOL./RUANG |
JUMLAH
ALOKASI
| RENCANA PENEMPATAN |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) |
Jumlah | 66 | ||||
I | TENAGA GURU | 9 | |||
A. Guru SMK (Mata Pelajaran) | 7 | ||||
1 | Guru Matematika Pertama | S-1 Pendidikan Matematika | III/a | 2 | 1. SMK Negeri 1 Manggeng |
2. SMK Negeri 2 Babahrot | |||||
2 | Guru Bahasa Inggris Pertama | S-1 Pendidikan BahasaInggris | III/a | 2 | 1. SMK Negeri Lembah Sabil |
2. SMK Negeri 1 Manggeng | |||||
3 | Guru Bahasa Indonesia Pertama | S-1 Pendidikan Bahasa Indonesia | III/a | 2 | 1. SMK Negeri 1 Manggeng |
2. SMK Negeri 1 Blangpidie | |||||
4 | Guru Bimbingan Konseling Pertama | S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling | III/a | 1 | 1. SMK Negeri 1 Manggeng |
B. Guru SMK (Produktif) | 2 | ||||
1 | Guru Tata Boga Pertama | S-1 Pendidikan Tata Boga | III/a | 1 | 1. SMK Negeri 2 Blangpidie |
2 | Guru Akomodasi Perhotelan Pertama | S-1 Pendidikan Perhotelan | III/a | 1 | 1. SMK Negeri 2 Blangpidie |
II | TENAGA KESEHATAN | 23 | |||
1 | Apoteker Pertama | Apoteker | III/b | 1 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
2 | Asisten Apoteker Pelaksana | D-III Farmasi | II/c | 1 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
3 | Bidan Pertama | S-1/D-IV Kebidanan | III/a | 1 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
Bidan Pelaksana | D-III Kebidanan | II/c | 1 | ||
4 | Dokter Pertama | Dokter umum | III/b | 3 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
5 | Dokter Gigi Pertama | Dokter Gigi | III/b | 2 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
6 | Perawat Pertama | S-1 Keperawatan + Ners /D.IV Keperawatan | III/a | 3 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
Perawat Pelaksana | D-III Keperawatan | II/c | 2 | ||
7 | Fisioterapis Pelaksana | D-III Fisioterafi | II/c | 2 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
8 | Sanitarian Pelaksana | D-III Kesehatan Lingkungan | II/c | 1 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
9 | Radiografer Pelaksana | D-III Radiologi/Roentgen | II/c | 2 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
10 | Teknisi Transfusi Darah Pelaksana | D-III Transfusi Darah | II/c | 2 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
11 | Refraksionis Optisien Pelaksana | D-III RO (Refraksi Optisi) | II/c | 1 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
12 | Teknik Elekromedis Pelaksana | D-III Teknik Elektromedik | II/c | 1 | Rumah Sakit Umum Teungku Peukan |
III | TENAGA TEKNIS LAINNYA | 34 | |||
1 | Analis Hukum | S-1 Ilmu Hukum | III/a | 1 | Bagian Hukum Setdakab |
2 | Perancang Peraturan Perundang-Undangan Pertama | S-1 Ilmu Hukum | III/a | 1 | Bagian Hukum Setdakab |
3 | Pemeriksa pajak Pelaksana | D-III Perpajakan | II/c | 1 | Dinas Pendapatan Daerah |
4 | Auditor Pertama | S-1 Ekonomi Akuntansi | III/a | 4 | Inspkektorat |
5 | Perencana Pertama | S-1 Ekonomi Pembangunan | III/a | 1 | Bappeda |
6 | Pranata Komputer Pertama | S-1 Komputer Aplikasi /S-1 Komputer Teknik Informatika | III/a | 1 | BKPP |
S-1 Teknik Komputer/Manajemen Komputer | III/a | 1 | Bagian Umum Setdakab | ||
S-1 Teknik Komputer/Manajemen Komputer | III/a | 1 | Dinas Pendidikan | ||
7 | Penyuluh Perikanan Pertama | S-1 Perikanan | III/a | 2 | BP4K |
8 | Penyuluh Kehutanan Pertama | S-1 Kehutanan | III/a | 1 | BP4K |
9 | Penyuluh Pertanian Pertama | S-1 Agronomi | III/a | 1 | BP4K |
10 | Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman Pertama | S-1 Agronomi | III/a | 2 | Dinas Pertanian dan Peternakan |
11 | Inspektur Tambang Pertama | S-1 Teknik Pertambangan | III/a | 1 | Dinas Pertambangan dan Energi |
12 | Analis Ketenagalistrikan | S-1 Teknik Elektro | III/a | 1 | Dinas Pertambangan dan Energi |
13 | Penyuluh Agama Pertama | S-1 Perbandingan Mashab dan Hukum Syariah | III/a | 1 | Dinas Syariat Islam |
S-1 Dakwah Islam | III/a | 1 | Kantor Satpol PP dan WH | ||
S-2 Usuluddin | III/b | 1 | Dinas Syariat Islam | ||
14 | Analis Lingkungan Hidup | S-1 Teknik Lingkungan | III/a | 1 | BLHKP |
15 | Analis Kimia | S-1 Teknik Kimia | III/a | 1 | BLHKP |
16 | Analis Pertambangan | S-1 Teknik Geologi | III/a | 1 | Dinas Pertambangan dan Energi |
17 | Analis Jaringan Jalan | S-1 Teknik Planologi | III/a | 1 | Dinas Pekerjaan Umum |
19 | Analisis Pasar hasil Perikanan | D-III Perikanan | II/c | 2 | Dinas Kelautan dan Perikanan |
18 | Analis Pajak/Retribusi Daerah | S-1 Perpajakan | III/a | 2 | Dinas Pendapatan Daerah |
20 | Analis Data dan Informasi | S-1 Ilmu Komputer | III/a | 2 | Bappeda |
21 | Analisis Budidaya Perikanan | S-1 Perikanan | III/a | 2 | Dinas Kelautan dan Perikanan |
A. FORMASI JABATAN, KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN LOKASI PENEMPATAN YANG DIBUTUHKAN :
Formasi Jabatan, Kualifikasi Pendidikan dan Lokasi Penempatan yang di butuhkan terlampir.
B. PERSYARATAN PELAMAR
- Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) atau Akta Kelahiran Kabupaten Aceh Barat Daya;
- Pria dan Wanita dengan usia minimal 18 tahun pada tanggal 01 Januari 2014 (lahir sebelum tanggal 01 Januari 1996) dan maksimal 35 tahun pada tanggal 01 Januari 2014 (lahir sesudah tanggal 01 Januari 1979);
- Berijazah, lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) minimal C atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan Nasional (Surat Keterangan Lulus/Ijazah Sementara tidak berlaku);
- Indek Prestasi Komulatif (IPK) minimal 2,5 (dua koma lima) untuk jurusan eksakta dan 2,75 (dua koma tujuh lima) untuk jurusan non eksakta;
- Sehat Jasmani dan Rohani dengan surat Keterangan Dokter Pemerintah;
- Tidak terikat hubungan kerja/ikatan dinas dengan Instansi Pemerintah atau Badan Swasta lainnya;
- Tidak terlibat langsung atau tidak langsung dalam kegiatan organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah (PUNP);
- Tidak pernah tersangkut perkara pidana dan kasus narkoba;
- Surat Tanda Register (STR) bagi Dokter Umum dan Dokter Gigi Serta Surat Keterangan Profesi bagi Apoteker;
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta;
- Calon Pelamar di seluruh Indonesia dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website panselnas di : https://penselnas.menpan.go.id untuk mendapatkan username dan password yang kemudian digunakan untuk log in ke SSCN di http://sscn.bkn.go.id;
- Setelah mengisi form registrasi melalui website pada SSCN maka pelamar dapat mencetak tanda bukti pendaftaran.
- Pendaftaran secara online dimulai pada tanggal 10 September s/d 24 September 2014;
- Verifikasi berkas lamaran lengkap di mulai pada tanggal 15 September s/d 27 September 2014.
- Memenuhi persyaratan kualifikasi (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan Rincian Formasi yang telah ditetapkan oleh Menpan dan RB;
- Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah kerja Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya;
- Setiap lamaran harus ditulis dengan tangan sendiri menggunakan tinta hitam dan ditanda tangani sendiri oleh pelamar dengan bermaterai Rp. 6.000,- ditujukan kepada Bupati Aceh Barat Daya (contoh terlampir) dengan melampirkan :
- Foto copy Ijazah yang telah dilegalisir dan ditanda tangani oleh pejabat yang berwenang yaitu pejabat yang berwenang (Bila dalam ijazah tidak dicantumkan akreditasi program studi, agar melampirkan surat ketetapan akreditasi program dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT);
- Foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir dan ditanda tangani oleh pejabat yang berwenang;
- Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Pemerintah sesuai dengan tempat tinggal peserta;
- Pas photo latar biru ukuran 4 X 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar
- Foto copy tanda bukti pendaftaran CPNS tahun 2014 yang dicetak dari web http://sscn.bkn.go.id;
- Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) atau Akta Kelahiran.
18. Berkas lamaran disusun sesuai dengan urutan di atas dan dimasukkan dalam stofmap folio dengan menuliskan nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, formasi yang di lamar, alamat dan nomor handphone dengan ketentuan :
- Pelamar Formasi Tenaga Guru : Stofmap folio warna Biru
- Pelamar Formasi Tenaga Kesehatan : Stofmap folio warna kuning
- Pelamar Formasi Tenaga Teknis lainnya : Stofmap folio warna merah
C. TATA CARA PENDAFTARAN
Pendaftaran online
- Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional 2014 pada website https://penselnas.menpan.go.id dan http://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 10 September s/d 24 September 2014, dengan cara :
- a. Masuk ke Portal Panselnas di https://penselnas.menpan.go.id untuk melakukan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, instansi yang dipilih dan email;
- b. Log in ke http://sscn.bkn.go.id dengan mengisi username & password yang sudah dikirim via email dengan cara :
- Klik DAFTAR untuk mengisi formulir pendaftaran.
- Isi formulir registrasi yang muncul.
- Pastikan isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP.
- Pastikan isian jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan.
- Klik chek box mengenai kebenaran data yang telah dimasukkan.
- Masukkan kode captcha yang tertera.
- Klik tombol Daftar untuk memproses pendaftaran dan mendapatkan nomor registrasi.
- Cetak tanda bukti pendaftaran.
2. Pengiriman Berkas Lamaran
a. Berkas kelengkapan pendaftaran dimasukkan dalam stopmap dengan mencantumkan :
- Nama Pelamar;
- Nama Jabatan yang dilamar;
- Alamat tempat tinggal pelamar:
- No Handphone pelamar.
b. Berkas kelengkapan pendaftaran diantar langsung oleh Pelamar yang bersangkutan kepada Panitia Pelaksana Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan C/q Bidang Pembinaan dan Pengembangan di Jalan Kompek Perkantoran Pemkab Aceh Barat Daya Gampong Keude Paya Kec. Blangpidie mulai tanggal 12 s/d 25 September 2014 jam dinas.
c. Semua berkas kelengkapan pendaftaran yang telah diserahkan ke panitia tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
D. SELEKSI DAN PELAKSANAAN TES
1. Seleksi
Tahap seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2014 terdiri atas 2 (dua) tahap yaitu :
- Seleksi kelengkapan Administrasi.
- Tes Kompetensi Dasar melalui Sitem Computer Assited Test (CAT).
2. Tempat Pengambilan Kartu Peserta
Kartu Tanda Peserta Ujian akan dapat diambil pada tanggal 29 s/d 30 September 2014 (jam dinas) di BKPP Kab. Aceh Barat Daya Jalan Komplek Perkantoran Pemkab Aceh Barat Daya Gampong Keude Paya Kecamatan Blangpidie, setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan menunjukkan tanda bukti pendaftaran.
3. Tempat Pelaksanaan Ujian
Tempat pelaksanaan ujian di Kabupaten Aceh Barat Daya di laksanakan di SMK Negeri 1 Blangpidie.
4. Waktu Pelaksanaan Ujian
Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) ditentukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Panitia Pelaksana Seleksi Nasional Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2014 yang akan diinformasikan selanjutnya.
E. LAIN-LAIN
1. Pelaksanaan Test Pelamar Umum Tahun 2014 tidak dipungut biaya apapun mulai pendaftaran online, verifikasi berkas bahan lamaran, pelaksanaan ujian hingga pengumuman kelulusan.
2. Bagi pelamar yang memberikan keterangan tidak benar/palsu pada saat pendaftaran pemberkasan maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya berhak membatalkan kelulusan serta memberhentikan status sebagai CPNS/PNS.
3. Keputusan Panitia Pelaksana Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun Anggaran 2014 bersifat MUTLAK dan tidak dapat diganggu gugat.
Penting !!
- Memutuskan untuk memilih formasi ini berarti tidak bisa memilih formasi lainnya.
- Apabila sudah memahami dan menyetujui pilihan ini, silahkan melanjutkan ke Formulir Registrasi
Contoh surat lamaran
Blangpidie, September 2014
Kepada Yth :
Bapak Bupati Aceh Barat Daya
di -
Blangpidie.
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
Tempat Tanggal lahir :
Jenis Kelamin :
Agama :
Pendidikan :
Jurusan :
Formasi yang dilamar :
Alamat :
No. Hp :
Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak untuk dapat diangkat menjadi Calon Negeri Sipil (CPNS) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2014.
Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama ini turut saya lampirkan kelengkapan Administrasi dalam rangkap 1 (satu) sebagai berikut :
- Foto copy Ijazah yang telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang.
- Foto copy Transkrip Nilai yang telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang.
- Pasphoto warna latar belakang biru berukuran 4x6 cm sebanyak 3 () lembar.
- Foto copy tanda bukti pendaftaran CPNS Tahun 2014 yang telah dicetak dari Website http://sscn.bkn.go.id;
- Surat keterangan berbadan sehat dari Dokter Pemerintah.
- Foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk).
Demikianlah Permohonan ini saya perbuat, atas perhatian dan pertimbangan Bapak saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya
Pemohon,
Meterai 6000
(........................................)