Bagi sebagian orang, wawancara kerja bisa membuat keringat dingin. Meski hanya berlangsung dalam hitungan menit, tapi wawancara kerja benar-benar membutuhkan kesiapan mental. Terlepas dari berbagai posisi yang akan dilamar, wawancara kerja memegang peran yang vital. Bagi anda yang akan menghadapinya, berikut ada beberapa tips sukses wawancara kerja yang bisa anda perhatikan.
1. Mengklarifikasi Pertanyaan
Mengklarifikasi pertanyaan memiliki tujuan agar pertanyaan yang diajukan menjadi lebih jelas. Kejelasan ini diharapkan dapat membuat anda dapat menjawab dengan baik. Banyak pelamar kerja yang takut untuk mngklarifikasi pertanyaan dari interviewer. Mereka beranggapan jika melakukan hal ini akan dianggap kurang memperhatikan dalam proses wawancara, sehingga menampilkan kesan yang buruk.
Mengklarifikasi pertanyaan juga akan membuat anda lebih rileks dalam menjawab. Ketegangan ketika anda mulai memasuki ruang interview akan perlahan memudar dan hilang. Karena hal ini akan membuat kepercayaan anda pulih. Percaya diri adalah modal yang dibutuhkan dalam menguasai dan menjawab peertanyaan saat proses interview berlangsung.
2. Cobalah untuk Berpikir Keras
Pada umumnya keetika seseorang tidak memiliki jawaban yang yang tepat, dia cnderung untuk mengulur-ulur waktu. Di sisi lainnya, terkadang dengan spontan jawaban “saya tidak tahu” terlontar oleh beberapa orang. Jika anda tidak memiliki jawaban yang pas, cobalah menggunakan taktik berpikir keras dalam beberapa menit.
Shon Burton, CEO HiringSolved mengungkapkan tips sukses wawancara kerja yang paling baik adalah tetap rendah hati. “Jika anda benar-benar berpikir keras, interviewer mungkin akan memberi anda petunjuk. Namun janganlah mengulur-ulur waktu dengan sengaja.”
Mengklarifikasi pertanyaan memiliki tujuan agar pertanyaan yang diajukan menjadi lebih jelas. Kejelasan ini diharapkan dapat membuat anda dapat menjawab dengan baik. Banyak pelamar kerja yang takut untuk mngklarifikasi pertanyaan dari interviewer. Mereka beranggapan jika melakukan hal ini akan dianggap kurang memperhatikan dalam proses wawancara, sehingga menampilkan kesan yang buruk.
Mengklarifikasi pertanyaan juga akan membuat anda lebih rileks dalam menjawab. Ketegangan ketika anda mulai memasuki ruang interview akan perlahan memudar dan hilang. Karena hal ini akan membuat kepercayaan anda pulih. Percaya diri adalah modal yang dibutuhkan dalam menguasai dan menjawab peertanyaan saat proses interview berlangsung.
2. Cobalah untuk Berpikir Keras
Pada umumnya keetika seseorang tidak memiliki jawaban yang yang tepat, dia cnderung untuk mengulur-ulur waktu. Di sisi lainnya, terkadang dengan spontan jawaban “saya tidak tahu” terlontar oleh beberapa orang. Jika anda tidak memiliki jawaban yang pas, cobalah menggunakan taktik berpikir keras dalam beberapa menit.
Shon Burton, CEO HiringSolved mengungkapkan tips sukses wawancara kerja yang paling baik adalah tetap rendah hati. “Jika anda benar-benar berpikir keras, interviewer mungkin akan memberi anda petunjuk. Namun janganlah mengulur-ulur waktu dengan sengaja.”
3. Pentingnya Komunikasi Nonverbal
Jika anda menemukan diri anda menatap lantai atau meja saat menjawab pertanyaan dari interviewer, kemungkinan besar anda akan melewatkan kesempatan-kesempatan yang ada di depan anda.
Koordinator layanan karier di Southwestern Oklahoma State University, Jonna Myers, menilai jika komunikasi nonverbal lebih banyak mengatakan mengenai berbagai informasi si pelamar daripada komunikasi verbal. “Komunikasi nonverbal jarang dilatih oleh banyak orang, komunikasi ini sangat kentara ketika seseorang sedang gugup.”
Jonna Myers memberikan tips sukses wawancara kerja dengan melatih komunikasi nonverbal. Ia menganjurkan untuk memulai latihan wwawancara dengan teman ataupun dapat juga mencoba menjawab pertanyaan di depan cermin. Tujuannya untuk melatih kontak mata, body language, serta berbagai indikator lainnya yang mempengaruhi penilaian mengenai anda. Jangan lupakan untuk berjabat tangan, baik sebelum dan sesudah wawancara. Selalu kontak mata dengan interviewer jangan menjauh maupun menghindarinya.
4. Memahami Resume Mengenai Diri Sendiri.
Banyak orang mendasarkan resume mereka terhadap persuhaan ataupun posisi. Karena itu pastikan anda benar-benar paham resume yang anda buat. Tujuannya adalah jangan sampai anda menjawab B ketika wawancara, padahal dalam resume anda tertulis A. jika demikian, hal ini akan membuktikan jika anda kurang memhami diri anda sendiri.
5. Menggali Informasi Sebanyak-banyaknya
Menggali informasi merupakan salah satu tips sukses wawancara kerja. Setidaknya setiap plamar kerja harus menggali informasi mengenai perusahaan dimana ia akan bekerja. Mulai dari filosofi perusahaan, tentang manajemen perusahaan, sampai dengan posisi yang akan dilamar oleh anda. Dengan memiliki infomasi yang mendalam, interviewer akan terkesan oleh keseriusan anda.
Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan Linkind. Banyak event maupun informasi mengenai perusahaan yang dapat anda gali dari Linkind. Pahami dan pelajari semua informasi tersebut sebaik-baiknya sebelum wawancara kerja.
Jika anda menemukan diri anda menatap lantai atau meja saat menjawab pertanyaan dari interviewer, kemungkinan besar anda akan melewatkan kesempatan-kesempatan yang ada di depan anda.
Koordinator layanan karier di Southwestern Oklahoma State University, Jonna Myers, menilai jika komunikasi nonverbal lebih banyak mengatakan mengenai berbagai informasi si pelamar daripada komunikasi verbal. “Komunikasi nonverbal jarang dilatih oleh banyak orang, komunikasi ini sangat kentara ketika seseorang sedang gugup.”
Jonna Myers memberikan tips sukses wawancara kerja dengan melatih komunikasi nonverbal. Ia menganjurkan untuk memulai latihan wwawancara dengan teman ataupun dapat juga mencoba menjawab pertanyaan di depan cermin. Tujuannya untuk melatih kontak mata, body language, serta berbagai indikator lainnya yang mempengaruhi penilaian mengenai anda. Jangan lupakan untuk berjabat tangan, baik sebelum dan sesudah wawancara. Selalu kontak mata dengan interviewer jangan menjauh maupun menghindarinya.
4. Memahami Resume Mengenai Diri Sendiri.
Banyak orang mendasarkan resume mereka terhadap persuhaan ataupun posisi. Karena itu pastikan anda benar-benar paham resume yang anda buat. Tujuannya adalah jangan sampai anda menjawab B ketika wawancara, padahal dalam resume anda tertulis A. jika demikian, hal ini akan membuktikan jika anda kurang memhami diri anda sendiri.
5. Menggali Informasi Sebanyak-banyaknya
Menggali informasi merupakan salah satu tips sukses wawancara kerja. Setidaknya setiap plamar kerja harus menggali informasi mengenai perusahaan dimana ia akan bekerja. Mulai dari filosofi perusahaan, tentang manajemen perusahaan, sampai dengan posisi yang akan dilamar oleh anda. Dengan memiliki infomasi yang mendalam, interviewer akan terkesan oleh keseriusan anda.
Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan Linkind. Banyak event maupun informasi mengenai perusahaan yang dapat anda gali dari Linkind. Pahami dan pelajari semua informasi tersebut sebaik-baiknya sebelum wawancara kerja.
*Semoga Bermanfaat